Penyebab Asma Pada Anak Dan Orang Dewasa

Penyebab Asma – Gangguan pernafasan seperti asma merupakan gangguan pernafasan yang paling banyak dialami. karena banyak faktor yang bisa menjadi penyebab asma di sekitar lingkungan. Asma bisa dialami oleh anak anak yang beru lahir hingga bertahan atau akan berlanjut hingga dewasa.

Penyebab Asma Pada Anak Dan Orang Dewasa

Karena saluran pernafasan sangat mudah untuk terinfeksi dan juga iritasi jika terjadi serangan virus atau pun debu dari luar tubuh. faktor genetik dan juga penurunan daya tahan tubuh juga bisa menyebabkan penyakit asma terjadi. Penyakit asma bisa akan mengganggu aktifitas atau pun gangguan pada tidur, karena asma bisa kambuh di waktu yang tidak menentu. Penyakit asma yang terjadi di malam hari bisa menyebabkan tidur tidak nyenyak akibat gejala asma yang terjadi.

Gejala Asma

Gejala asma bisa terjadi akibat bagian saluran pernafasan terinfeksi atau pun terganggu,sehingga jika mulai terinfeksi akan menyebabkan gejala asma mulai berdatangan sebagai ciri ciri asma untuk diketahui oleh penderita nya. dan berikut beberapa gejala asma :
  • Sesak nafas
Gejala asma yang akan terasa pertama kali yaitu sesak nafas, diakibatkan oleh udara yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh bisa mengakibatkan sesak nafas.
  • Batuk batuk
Batuk batuk tidak hanya di sebabkan oleh radang tenggorokan saja, tetapi batuk batuk merupakan gejala asma yang akan terjadi juga. walaupun batuk yang dialami tidak terlalu parah tetapi batuk juga akan mengganggu.
  • Gangguan tidur
Gejala asma lain nya dengan sering terbangun di malam hari, akibat tidak bisa mengatur nafas dengan baik sehingga akan menyebabkan tidur menjadi terganggu.
  • Mudah lelah
Gejala asma yang bisa terjadi juga dengan kondisi tubuh yang mudah lelah akibat kurang nya udara akibat tidak mengatur nafas dengan baik oleh sebab itu akan sering merasa lelah.
  • Sakit dada
Pada bagian dada juga bisa menjadi gejala asma yang sering terjadi, karena sulit bernafas dengan baik sehingga sakit dada akan dialami juga.

Penyebab Asma

Penyakit asma yang banyak terjadi di sebabkan oleh berbagai macam hal karena banyak dari lingkungan sekitar yang bisa menjadi penyebab asma. untuk pencegahan asma maka bisa mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab asma berikut ini :
  • Udara
Udara yang kotor karena bercampur dengan debu dan juga asap dari kendaraan, rokok, atau pun dari asap limbah industri tidak baik untuk kesehatan pernafasan. Sehingga jika sering dan terus menerus terhirup dan masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan iritasi, iritasi juga bisa berkembang menjadi infeksi sehingga akan menjadi penyebab asma.
  • Alergi
Penyebab asma juga dapat dikarenakan oleh alergi, alergi merupakan respon tubuh namun jika terjadi berlebihan juga tidak baik juga. alergi yang bisa menjadi penyebab asma bisa karena dari zat makanan, hewan berbulu, serbuk dari tumbuhan seperti bunga, debu, dan juga jamur. Biasa nya hal ini akan terjadi karena lingkungan yang kotor dan juga makanan yang tidak di jaga dengan baik sehingga menjadi penyebab asma.
  • Rokok
Penyebab asma juga dari rokok, rokok bisa menjadi penyebab asma yang paling banyak dialami juga, dan paling sering dialami oleh laki laki tetapi wanita yang menjadi perokok juga bisa menderita penyakit asma jika terus menerus di gunakan. Jika penyebab asma rokok maka asma juga bisa semakin berkembang parah hingga menyebabkan kanker paru paru.
  • Lingkungan
Lingkungan yang bisa menjadi penyebab asma, merupakan lingkungan yang kebersihan nya tidak terjaga dengan baik seperti banyak sampah, debu dan asap pembakaran sehingga tidak baik untuk kesehatan saluran pernafasan dan gejala asma seperti batuk juga akan sering terjadi.
  • Infeksi
Infeksi paru paru bisa menjadi penyebab asma, karena virus dan juga bakteri yang masuk ke paru paru dan menginfeksi dan menjadi penyebab asma.
  • Genetik
Penyebab asma juga bisa di sebabkan oleh faktor genetik, atau terjadi nya kelainan pada saat di lahirkan. Memiliki saluran pernafasan yang tidak normal seperti ukuran bronkus yang kecil bisa menyebabkan penyakit saluran pernafasan seperti asma atau pun bronkitis.

Pengobatan Asma

Pengobatan asma bisa di lakukan untuk mengatasi gejala asma yang mengganggu, dan juga untuk menyembuhkan asma. pengobatan asma yang bisa di lakukan dengan menggunakan bahan alami sebagai obat asma. obat asma dapat di gunakan pada saat asma sedang kambuh, atau juga bisa di gunakan setiap hari untuk proses penyembuhan penyakit asma. bawang putih, biji adas, jahe, dan juga kunyit bisa di gunakan untuk menyembuhkan asma. karena bahan bahan tersebut terkandung bahan yang baik untuk mengatasi gangguan pada saluran pernafasan. Sehingga gangguan tidur akibat gejala asma bisa teratasi dengan baik. untuk menyembuhkan asma juga bisa dengan menggunakan madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan mengatasi infeksi pada saluran pernafasan.

Pencegahan Asma

Karena gejala asma sangat mengganggu maka dari itu sebaik nya jauhi penyebab asma agar tidak menderita penyakit asma atau mencegah asma agar tidak kambuh. Untuk pencegahan asma yang lain nya bisa dengan melatih pernafasan agar sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit saluran pernafasan atau tidak hanya penyakit asma saja. melatih pernafasan bisa dengan menjalani olahraga berenang dan juga senam untuk mengatur pernafasan, sehingga jika teratur di lakukan maka saluran pernafasan bisa terjaga dengan baik. jika tidak dapat mengunjungi tempat yang memiliki udara yang sejuk dan bersih maka sebaik nya sering keluar di saat pagi hari untuk mendapatkan udara yang masih bersih, sehingga akan menjaga kesehatan saluran pernafasan.

0 Response to "Penyebab Asma Pada Anak Dan Orang Dewasa"

Posting Komentar