Penyakit Sesak Nafas Asma

Penyakit Asma – Penyakit pada saluran pernafasan yang bisa sering kambuh, yaitu penyakit asma. karena pada penyakit asma terjadi peradangan pada bagian bronkus, sehingga jika kondisi bronkus belum membaik maka penyakit asma akan sering kambuh.

Penyakit Sesak Nafas Asma

Selain itu juga penyakit asma bisa terjadi pada orang yang memiliki kelainan pada saluran pernafasan dari lahir, biasa nya dikarenakan ada nya faktor keturunan atau pun mengalami kelahiran yang sebelum waktu nya, sehingga saluran pernafasan memiliki ukuran yang kecil atau pun saluran pernafasan belum sempurna terbentuk. Penyakit asma bisa dialami dari anak anak hingga waktu dewasa pun juga masih tetap memiliki penyakit asma jika penyakit asma tidak diobati dengan baik.

Penyebab Penyakit Asma

Selain memiliki kelainan pada saluran pernafasan, penyakit asma pun bisa terjadi karena ada nya faktor lain. Karena ada berbagai macam hal yang bisa menjadi penyebab penyakit asma. untuk mencegah penyakit asma kambuh maka sebaik nya hindari hal hal yang bisa memicu penyakit asma. oleh sebab itu agar terhindar dari asma, maka sebaik nya mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis penyebab penyakit asma :
  • Obat obatan
  • Lingkungan
  • Rokok
  • Alergi
  • Olahraga
  • Stress

Gejala Penyakit Asma

Penyakit asma ketika terjadi atau pun kambuh maka ada respon tubuh, sehingga gejala asma bisa terjadi. Gejala asma hanya terjadi ketika penyakit asma kambuh, atau pun bronkus teriritasi. Dan berikut gejala asma yang bisa terjadi :
  • Sesak nafas
Jika terjadi infeksi pada saluran pernafasan maka gejala asma yang akan terjadi sesak nafas. Sesak nafas bisa di sebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan, atau pun karena bronkus tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga sesak nafas yang mengakibatkan sulit bernafas dengan baik akan terjadi pada gejala asma.
  • Sakit dada
Setelah gejala asma yang menyebabkan sesak nafas, maka gejala asma yang selanjut nya juga bisa menyebabkan dada akan terasa sakit. Bisa dada akan sakit pada gejala asma jika sesak nafas yang dialami terlalu parah.
  • Batuk
Batuk juga bisa terjadi pada saat gejala asma, karena batuk merupakan salah satu respon tubuh pada saluran pernafasan yang sedang tidak sehat yang terdapat bakteri atau pun debu.
  • Nafas berbunyi
Gejala asma yang paling parah akan terjadi jika ketika nafas telah berbunyi mengi, karena kesulitan bernafas dengan baik telah cukup parah terjadi pada gejala asma.

Pencegahan Penyakit Asma

Karena penyakit asma merupakan penyakit yang mudah kambuh, maka sebaik nya penyakit asma di cegah. Karena jika melakukan pencegahan penyakit asma maka penyakit asma tidak akan sering kambuh, bahkan jika di lakukan nya dengan teratur maka bisa menyembuhkan penyakit asma secara seluruh. Untuk pencegahan penyakit asma bisa di lakukan dengan berbagai macam hal. Dan berikut beberapa pencegahan yang bisa di lakukan agar sembuh dari penyakit asma, atau pun agar saluran pernafasan menjadi lebih sehat. dan berikut beberapa jenis pencegahan yang bisa di lakukan :
  • Latihan pernafasan
Pencegahan penyakit asma bisa di lakukan juga bisa dengan melakukan latihan pernafasan, latihan pernafasan baik di lakukan untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan dan memiliki nafas yang panjang sehingga tidak mudah untuk kehabisan nafas. Cara melatih pernafasan bisa dengan melakukan ambil nafas dan buah nafas secara perlahan lahan, ulangi cara tersebut hingga beberapa kali, dan di lakukan setiap hari pada waktu pagi hari di saat udara yang masih segar.
  • Olahraga
Olahraga juga bisa mencegah penyakit asma untuk kambuh lagi, jika ingin melakukan olahraga maka bisa melakukan olahraga lari atau pun berenang. Sehingga saluran pernafasan juga bisa terjaga dan tidak mudah untuk kambuh. Selain itu jika ingin melakukan pencegahan asma dengan olahraga maka lakukan pencegahan dengan melakukan olahraga dengan waktu yang tidak berlebihan.
  • Menjaga kebersihan
Asma bisa terjadi juga jika infeksi di sebabkan oleh debu dan juga kotoran yang masuk ke saluran pernafasan. Sehingga cara yang bisa di lakukan yaitu dengan menjaga kebersihan, kebersihan tempat tempat yang mudah untuk ditempel oleh debu dan juga bakteri yang berada di sekitar nya seperti hal nya di tempat tidur, karpet atau pun boneka. Oleh sebab itu benda benda tersebut harus di jaga dengan baik kebersihan nya, dengan di bersihkan setiap hari, dan di cuci maksimal satu minggu sekali agar kebersihan nya selalu terjaga dengan baik.
  • Berhenti merokok
Rokok merupakan salah satu penyebab asma, dan telah banyak yang mengetahui nya juga. rokok yang di hisap langsung atau pun asap nya yang terhirup maka juga bisa menjadi penyebab asma. oleh sebab itu jika ingin terhindar dari gejala asma yang kambuh, maka sebaik nya menjauhi rokok agar tidak terkena asap nya maupun berhenti menggunakan nya. agar organ saluran pernafasan juga selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit.
  • Makan makanan sehat
Makan makanan yang sehat sangat penting untuk memberikan nutrisi untuk tubuh, dan memberikan cukup serat. Sehingga agar gejala asma tidak kambuh akan sebaik nya memberikan nutrisi tubuh dari makanan makanan yang sehat, agar daya tahan tubuh juga tetap kuat.

0 Response to "Penyakit Sesak Nafas Asma"

Posting Komentar